Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat akan membeli sebanyak 36 unit mesin tempel untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini.

“Anggaran untuk membeli sebanyak 36 unit mesin tempel itu sebesar Rp1,1 miliar yang bersumber dari APBD perubahan tahun ini,” kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, sebanyak 29 mesin tempel tersebut terdiri dari sebanyak 25 unit mesin tempel ukuran 15 PK, tiga unit mesin tempel ukuran 25 PK dan satu unit mesin tempel ukuran 40 PK dan sebanyak tujuh unit mesin tempel ukuran lima PK.

Ia menjelaskan, sebanyak tujuh unit mesin tempel yang berukuran sebesar lima PK ini diprioritaskan untuk kelompok usaha bersama nelayan pinggir yang ada di wilayah ini.

Sedangkan sebanyak 29 unit mesin tempel dengan berbagai ukuran ini untuk sejumlah kelompok usaha bersama nelayan yang aktif melaut tetapi belum pernah menerima bantuan tersebut.

“Kita prioritaskan bantuan mesin tempel ini untuk sejumlah kelompok nelayan yang selama ini belum pernah menerima bantuan mesin tempel ini dari pemerintah setempat,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, instansinya menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia barang dan jasa pemerintah untuk membeli sebanyak puluhan unit  mesin tempel untuk kelompok usaha bersama nelayan daerah ini.

Sedangkan pelaksanaannya menggunakan sistem lelang secara umum khusus paket kegiatan pengadaan dengan anggaran di atas sebesar Rp200 juta dan pengadaan langsung untuk paket kegiatan  dengan anggaran kurang dari Rp200 juta.

Ia menargetkan, pengadaan dan pembagian sebanyak puluhan unit mesin tempel kepada kelompok usaha bersama nelayan selesai dalam tahun ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018