Bengkulu Selatan (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mendorong pengembangan wisata bahari guna mendongkrak perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Pemerintah daerah tengah mengembangkan wisata bahari untuk dijadikan atraksi wisata melalui kemudahan aksesibilitas, promosi, dan investasi pembangunan infrastruktur," kata Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan Yulian Fauzi saat dihubungi di Bengkulu, Senin.

Yulian menuturkan, tren wisata bahari terus meningkat termasuk kunjungan wisatawan. Karena itu, pemerintah menetapkan satu kawasan strategis pariwisata bahari, yaitu Pantai Pasar Bawah.

Penetapan Pantai Pasar Bawah sebagai destinasi strategis, menurutnya karena objek wisata ini berada di pusat ibukota Bengkulu Selatan sehingga memiliki akses transportasi, telekomunikasi, kuliner dan penginapan yang memadai.
 
Pantai Pasar Bawah Bengkulu Selatan. (Foto Antarabengkulu)


"Pengembangan destinasi bahari ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan," tuturnya.

Lebih lanjut Yulian menambahkan, pemerintah daerah juga mendorong pengembangan destinasi arung jeram, tradisi adat bimbang besak, dan kuliner lemang tapai agar menambah durasi lama menetap wisatawan.

Menurutnya, wisatawan tak mungkin datang jauh-jauh hanya untuk menikmati atraksi bahari selama sehari. Dia menilai minimal wisatawan itu akan menetap selama 2-3 hari.

"Pemerintah mendorong pengembangan wisata bahari sekaligus terintegrasi dengan destinasi alam, budaya, dan kuliner agar mereka menetap cukup lama di Bengkulu Selatan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat akan tumbuh," ucapnya.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018