Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Sebanyak 10 desa di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan menerima bantuan permodalan untuk badan usaha milik desa atau BumDes dari pemerintah pusat.
   
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Rejang Lebong, Kamis, mengatakan bantuan yang akan diberikan kepada 10 desa di Rejang Lebong ini untuk memperkuat BumDes sehingga bisa menjalankan usahanya dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di desa masing-masing.
   
"Akan diberikan kepada 10 desa di Rejang Lebong, masing-masing desa akan menerima Rp50 juta, nanti untuk menentukan desa mana saja saya serahkan dengan pak Bupati Rejang Lebong yang menentukannya," kata Menteri Eko.
   
Selain akan memberikan bantuan permodalan untuk 10 BumDes, bantuan lainnya juga akan diberikan dalam program "showcase" untuk empat desa, di mana besaran bantuan yang akan diberikan hingga mencapai Rp1,5 miliar per desa.
   
Kedatangannya ke Kabupaten Rejang Lebong itu sendiri tambah dia, dalam rangka bertemu dengan para kepala desa yang ada di wilayah itu sekaligus mengecek progres pembangunan yang dibiayai dari dana desa (DD), di mana dari laporan yang diterimanya sudah dilaksanakan cukup baik.
   
Dalam kesempatan itu dirinya, juga menyampaikan desa-desa di Rejang Lebong bisa belajar dengan desa lainnya di Tanah Air terutama dalam pengembangan potensi wisata sehingga pendapatan desa bisa naik, mengingat Provinsi Bengkulu ini adalah daerah yang subur dengan penduduk yang cukup banyak, namun kurang mendapat perhatian dari pusat.
   
"Saya akan bawa pak Bupati Rejang Lebong untuk ketemu dengan para menteri lain di Jakarta supaya bisa mendapatkan program-program pembangunan untuk disini seperti pembangunan, irigasi, jembatan dan lainnya," tambah dia.
   
Kunjungan Menteri Desa, PDDT ke Rejang Lebong kali ini selain melakukan sarasehan dengan para kepala desa di rumah dinas bupati setempat juga dilanjutkan dengan mengikuti acara dialog nasional di GOR Curup dengan tema 32 "Indonesia Maju" dan sore harinya langsung bertolak ke Kota Bengkulu.  

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018