Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hingga kini baru seluas 146,78 hektare dari 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit di daerah itu yang telah dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru tahun 2018.

“Luas lahan perkebunan kelapa sawit di daerah ini yang telah dicetak menjadi sawah baru di daerah itu bertambah dibandingkan bulan sebelumnya seluas 73,26 hektare,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data luas lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru tahun ini dari pihak Korem 041 Gamas Bengkulu sebagai pelaksana program tersebut.

Seluas 146,78 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru tersebut tersebar di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang 72,51 hektare, Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto seluas 2,50 hektare.

Kemudian di Desa Resno, Kecamatan V Koto 28,06 hektare, Desa Ranah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang 17,21 hektare, Desa Lubuk Pinang, Kecamatan Lubuk Pinang seluas 26,50 hektare.

Ia menyatakan, pihak pelaksana program cetak sawah baru di daerah ini masih mempunyai waktu hingga bulan Desember tahun ini untuk menyelesaikan kegiatannya mencetak seluas 400 hektare sawah baru di daerah ini.

Ia mengatakan, saat ini pihak pelaksana kegiatan ini telah mendatangkan sebanyak mungkin alat berat untuk mencetak sawah baru di lahan seluas ratusan hektare di daerah ini.

“Sekarang ini pihak pelaksana program cetak sawah baru di daerah ini memiliki banyak alat berat untuk segera menyelesaikan pekerjaannnya,” ujarnya pula.

Pemerintah pusat pada tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rp2,5 miliar yang bersumber dari APBN untuk mencetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018