Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mulai mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

"Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit di daerah ini mengalami kenaikan berkisar Rp20-Rp50 per kg di sejumlah pabrik di daerah ini,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pendataan harga jual tandan buah segar kelapa sawit di 12 pabrik kelapa sawit di daerah ini.

Kendati harga pembelian sawit oleh sejumlah pabrik di daerah ini mengalami kenaikan, namun beberapa pabrik membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat lebih rendah dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan pemerintah setempat sebesar Rp994 per kg.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) naik sebesar Rp800 per kg menjadi Rp850 per kg, harga sawit di pabrik PT KSM naik dari sebesar Rp840 per kg menjadi Rp880 per kg.

Kemudian harga sawit di PT MMIL naik dari sebesar Rp840 per kg menjadi Rp880 per kg, harga sawit di PT S3 naik dari sebesar Rp840 per kg menjadi Rp880 per kg, harga sawit di PT SAP sebesar Rp840 per kg.

Harga sawit di pabrik PT AMK naik dari sebesar Rp855 per kg menjadi Rp895 per kg, PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento naik dari sebesar Rp850 per kg menjadi Rp880 per kg.

Lalu harga sawit di pabrik PT BMK naik dari sebesar Rp970 per kg  menjadi Rp1.010 per kg dan harga sawit di pabrik PT GSS naik dari sebesar Rp970 per kg menjadi Rp990 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018