Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2019 batal membeli dua unit mobil pemadam kebakaran untuk dua kecamatan yang belum memiliki kendaraan tersebut karena defisit anggaran.

“Kami mengusulkan anggaran membeli dua mobil damkar di APBD 2019, bahkan kegiatan ini sudah dibahas di tingkat komisi DPRD, namun anggaran tersebut tidak diakomodir oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) karena defisit anggaran,” Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ibnu Hadi di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah setempat melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran sejak tahun 2017 sampai sekarang mengusul dana sebesar Rp3,6 miliar untuk membeli dua unit mobil pemadam kebakaran di APBD 2019.

Ia mengatakan, rencananya dua unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 4.000 liter untuk Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Pondok Suguh yang belum memiliki kendaraan ini. 

Ia menyatakan, dua kecamatan yang berada jauh dari kecamatan yang memiliki mobil pemadam kebakaran di daerah ini membutuhkan mobil ini guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran yang ada di daerah ini tidak mampu untuk memberikan pelayanan maksimal apabila terjadi kebakaran bangunan rumah warga di dua kecamatan ini.

Selain itu, mayoritas sebanyak lima unit mobil pemadam itu mengalami rusak parah sehingga tidak maksimal memberikan oelayanan maksimal apabila terjadi kebakaran rumah di daerah ini.

Ia mengatakan, saat ini sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran tersebut tersebar di Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Penarik dan Kecamatan Ipuh.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Mukomuko Frangki Janas sebelumnya menyatakan kalau mobil pemadam kebakaran tidak masuk dalam rencana kerja (Renja) karena instansi terkait tidak memasukkan usulan pengadaan mobil damkar ke lembaga ini.

Padahal lembaganya sebelumnya memprioritaskan pengadaan mobil pemadam kebakaran untuk Kecamatan Selagan Raya dan kecamatan lain yang belum ada mobil pemadam kebakarannya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018