Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta semua organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada di daerah ini proaktif dalam mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019 di daerah ini.

“Pada saat ini ormas berperan aktif agar bagaimana mensukseskan Pemilu serentak di daerah ini,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko Jumaidi di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu mewakili Bupati Mukomuko Choirul Huda membuka kegiatan pembinaan ormas dengan tema “Kita Ciptakan Organisasi yang Profesional dan Taat Azas” di daerah ini.

Pembicara dalam kegiatan pembinaan ormas ini dari Kesbangpolinmas, Wakapolres Mukomuko M. Amin dan Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat Abdiyanto.

Ia mengungkapkan, Pemilu serentak yang akan digelar pada tahun 2019 untuk memilih Presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Ia minta, semua ormas yang ada di daerah ini menjaga suasana tetap kondusif,  baik menjelang dan setelah Pemilu serentak tahun 2019.

Karena ormas yang ada ini memiliki kewajiban yang sama dengan pemerintah daerah setempat dalam mensukseskan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di daerah ini.

Selain itu, ia menyarankan, kepada ormas memiliki jaringan di tingkat nasional tetapi belum terdaftar di daerah ini untuk melaporkan diri sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 tahun 2017 tentang pendaftaran dan perpanjangan legalitas organisasi masyarakat.

Ia menyatakan, meskipun Kesbangpolinmas tidak memiliki kewenangan hukum pendirian ormas, tetapi instansi ini memiliki kewena ngan untuk melakukan verifikasi ormas kemudian dilaporkan ke provinsi lalu ke Kemendagri.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018