Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan hanya dua dari sebanyak 12 pabrik kelapa sawit di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

"Dua pabrik kepala sawit ini, yakni PT BMK dan PT USM. Harga sawit di dua pabrik ini naik masing-masing sebesar Rp30 per kilogram,” kata kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pendataan harga jual tandan buah segar kelapa sawit di seluruh pabrik kelapa sawit yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT BMK sejak tanggal 22 Januari 2019 sampai sekarang naik dari sebesar Rp1.270 per kg menjadi Rp1.300 per kg dan harga sawit di pabrik PT USM naik 1.280 per kg menjadi Rp1.310 per kg.

Sedangkan harga jual tandan buah segar kelapa sawit di pabrik lainnya di daerah ini, katanya, hingga sekarang belum merangkak naik, atau masih tetap dengan harga sebelumnya.

Ia berharap, mudah-mudahan pabrik lain di daerah ini menyusul membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Kendati demikian, mayoritas pabrik kelapa sawit di daerah ini membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Tim perumus harga tandan buah segar kelapa sawit Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu menetapkan harga jual komoditi perkebunan tersebut di tingkat pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah itu rata-rata sebesar Rp1.080 per kilogram.  

Dari harga penetapan sebesar Rp1.080 per kilogram itu, pabrik kelapa sawit di daerah itu diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli sawit milik petani setempat.

Sementara itu harga sawit di pabrik lain di daerah ini, yakni PT. KSM membeli sawit petani sebesar Rp1.190 per kg, pabrik CPO PT MMIL sebesar Rp1.190 per kg, PT SAP sebesar Rp1.140 per kg

Kemudian PT AMK sebesar Rp1.195 per kg, PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento sebesar Rp1.190 per kg, , PT S3 sebesar Rp1.190 per kg dan di PT SSJA sebesar Rp1.200 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019