Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan perakitan 4.196 unit kotak suara yang akan digunakan pada pemilu serentak di daerah itu.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Rejang Lebong, Fahamsyah di sela-sela kegiatan perakitan kotak suara di gudang logistik KPU setempat yang berada di lapangan tenis indoor Jalan Sukawati Curup, Rabu, mengatakan proses perakitan kotak suara itu dilaksanakan sejak Selasa (5/2) dan ditargetkan selesai Jumat (7/2).

"Perakitan kotak suara ini sudah dilaksanakan sejak hari Selasa kemarin dan ditargetkan Jumat besok sudah selesai. Kami optimis dalam waktu tiga hari ini proses perakitannya bisa selesai," ujarnya.

Proses perakitan kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air tersebut kata dia, pada hari pertama pelaksanaannya berhasil dirakit sebanyak 1.226 unit dari jumlah keseluruhan 4.196 unit.

Perakitan kotak suara pemilu yang mereka lakukan ini melibatkan 15 orang yang berasal dari staf KPU Rejang Lebong serta beberapa mahasiswa IAIN Curup yang magang di kantor KPU setempat.

Setelah proses perakitan kotak suara ini kata Fahamsyah, pihaknya masih menunggu surat suara yang masih dalam tahap pencetakan di KPU RI, dan jika sudah sampai di wilayah itu maka dilakukan surat suara yang nantinya akan dimasukan bersama perlengkapan TPS dalam kotak suara dan dibungkus dengan plastik sebelum didistribusikan.

"Kotak suara ini nantinya akan dibungkus menggunakan plastik guna mengantisipasi kebasahan karena saat ini sedang masuk musim hujan, mengingat kotak suara yang digunakan saat ini berbahan dasar kardus," tambah dia.

Sejauh ini dari pengamatan pihaknya, selama proses perakitan kotak suara yang mereka laksanakan belum ditemukan adanya kotak suara yang mengalami kerusakan, jika nantinya ditemukan kotak suara yang rusak pihaknya akan segera meminta pergantian ke KPU pusat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019