Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Sebanyak empat dari 12 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak seminggu terakhir membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani di daerah ini dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Sabtu, mengatakan empat pabrik ini membeli sawit petani dengan harga berkisar Rp1.300 per kg hingga Rp1.400 per kg.

Sebanyak empat empat pabrik ini, yakni pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp1.300 per kg,  PT BMK sebesar Rp1.390 per kg, PT GSS sebesar Rp1.370 per kg dan PT USM sebesar Rp1.400 per kg.

Sedangkan sebanyak delapan pabrik minyak kelapa sawit lainnya di daerah ini membeli sawit milik petani setempat dengan harga lebih rendah, yakni di bawah Rp1.300 per kg.

Ia menyebutkan, pabrik PT KSM membeli sawit petani setempat dengan harga sebesar Rp1.280 per kg, di PT MMIL sebesar Rp1.280 per kg, harga sawit di PT AMK sebesar Rp1.285 per kg, harga sawit di PT SAP sebesar Rp1.210 per kg.

Lalu harga sawit di PT KAS sebesar Rp1.280 per kg, harga sawit di PT DDP Ipuh dan Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.280 per kg.

Ia berharap, mudah-mudahan sebanyak delapan lainnya  di daerah ini menyusul membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Ia mengatakan, kenaikan harga sawit di daerah ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani sawit. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019