Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengakui kemajuan sekolah-sekolah swasta di daerah itu sehingga bisa mendukung peningkatan kualitas dunia pendidikan setempat.

"Kita akui keberadaan sekolah swasta ini telah membantu pemerintah secara umumnya, mereka bisa mengatur diri sendiri sehingga bisa berkembang dengan baik," kata Kepala Disdikbud Rejang Lebong Tarsisius Samuji usai menghadiri wisuda 18 Tahfidz Al-Quran dan HUT Ke-2 SMK IT Khoiru Ummah di Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara, di Rejang Lebong, Minggu.

Keberadaan sekolah-sekolah swasta di wilayah itu, tambah dia, telah membantu kemajuan dunia pendidikan daerah, karena dengan menggunakan dana swadaya mereka bisa bertahan dan mengembangkan sekolah mereka menjadi lemabaga pendidikan yang tidak kalah dengan sekolah negeri.

Keberadaan sekolah-sekolah swasta pendidikan Islam di Rejang Lebong, kata Samuji, saat ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah swasta umum lainnya, karena mereka bisa menyelaraskan antara pendidikan akhlak dan pendidikan umum.

Dia mencontohkan kemajuan pendidikan Islam dan umum yang diterapkan SMK IT Khoiru Ummah? Rejang Lebong tersebut, di mana saat ini menjadi percontohan sekolah yang menggabungkan antara pembangunan akhlak dengan kemampuan kompetensi siswa.

Sejauh ini, Pemkab Rejang Lebong tidak membedakan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri, termasuk dalam hal perhatian atau dukungan berupa bantuan yang diberikan seperti kepada sekolah-sekolah swasta tingkat SD dan SMP di daerah itu.

Kepala SMK IT Khoiru Ummah Rajab Effendi mengharapkan mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik provinsi maupun pusat, karena sejak kewenangan pembinaan SMA/SMK diambilalih provinsi mereka belum mendapatkan bantuan.

"Kami sudah mengajukan permintaan bantuan ke pemerintah pusat, selama ini kami hanya mengandalkan dana swadaya serta bantuan donatur. Saat ini, sarana prasarana kami masih terbatas dan yang ada juga masih pinjaman dari yayasan," ujarnya.

SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong yang pada tahun ini sudah memasuki tahun kedua telah memiliki 85 siswa. Para murid sekolah itu mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umumnya lainnya. Hal itu dibuktikan dengan sederet prestasi yang berhasil mereka raih.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019