Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan mengangkut semua sampah yang berserakan di sekitar tempat pembuangan sementara sampah dekat pemukiman penduduk Kelurahan Pasar Mukomuko.

“Kami akan kerahkan petugas untuk mengangkut semua sampah yang ada di wilayah ini,” kata Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3, dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Darmadi di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapat laporan terkait sampah yang berserakan sekitar bangunan tempat pembuangan sementara sampah dari warga Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, petugas kebersihan pemerintah setempat selama ini rutin mengangkut sampah yang ada dalam tempat pembuangan sementara sampah yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Namun petugas kebersihan  setempat selama ini belum membersihkan sampah yang berserakan di sekitar tempat pembuangan sementara sampah dan mengangkutnya untuk dibuang di tempat pembuangan akhir sampah.

“Petugas kebersihan bertugas mengangkut sampah yang telah terkumpul dalam tempat pembuangan akhir sampah bukan sampah yang berserakan di luar tempat pembuangan sampah,” ujarnya.

Menurutnya, semua ini karena kesadaran warga setempat membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah sehingga sampah dibiarkan berserakan di luar tempat pembuangan sementara sampah.

Padahal instansinya meminta camat dan perangkat desa untuk menyosialisasikan peraturan daerah terkait larangan membuang sampah sembarangan. Selain itu instansinya secara tertulis juga mengajak warga membuang sampah pada tempatnya.

Kendati demikian, ia menyatakan, instansinya akan mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang berserakan dan mamasang papan larangan membuang sampah di luar tempat pembuangan sementara sampah.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019