Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan penyortiran dan pelipatan 1.042.016 lembar surat suara pemilu serentak di daerah itu selesai dalam lima hari.

"Dari jadwal yang kita susun proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini kita akan memakan waktu lima hari terhitung dari tanggal 14 sampai 18 Maret nanti," kata Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo usai memantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU setempat di Lapangan Tenis Indoor Sukowati Curup, Kamis.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu tersebut tambah dia, pada hari pertama ini melibatkan 104 orang, di mana surat suara yang dilipat adalah surat suara untuk pemilihan anggota DPRD-RI dengan jumlah sebanyak 207.403 lembar.

Proses pelipatan surat suara ini melibatkan warga sekitarnya, dan selama ini sudah sering melakukan pelipatan surat suara pada pemilu sebelumnya, dengan pengawasan petugas dari Bawaslu serta diback-up petugas keamanan dari Polres Rejang Lebong.
 
Staf KPU Rejang Lebong memperlihatkan surat suara yang rusak. (Foto Antarabengkulu.com)


Sejauh ini dari proses pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota DPR-RI petugas sudah menemukan puluhan surat suara yang rusak, diantaranya karena sobek, gradasi warna dan kabur.

"Sedangkan untuk besaran upah pelipatannya masih dilakukan perhitungan, yang jelas untuk masing-masing surat suara pemilihan seperti Pilpres dan Pileg tidak sama, namun besarannya di bawah Rp100 per lembar," tambah dia.

Sementara itu, rincian surat suara pemilu serentak yang dikirim ke Rejang Lebong dengan jumlah sebanyak 1.042.016 lembar, jumlah ini sesuai dengan DPT dan ditambah 2 persen sebagai surat suara cadangan.

Adapun rincian surat suara ini antara untuk Pilpres sebanyak 207.403 lembar, surat suara pemilihan DPD sebanyak 207.403 lembar, surat suara untuk pemilihan anggota DPR-RI Dapil Bengkulu sebanyak 2017.403 lembar, serta surat suara pemilihan DPRD Provinsi Bengkulu Dapil 4 sebanyak 208.403 lembar.

Seterusnya surat suara pemilihan anggota DPRD Rejang Lebong yang tersebar di Dapil Rejang Lebong 1 sebanyak 52.660 lembar, Dapil Rejang Lebong 2 sebanyak 45.600 lembar, Dapil Rejang Lebong 3 sebanyak 53.834 lembar serta Dapil Rejang Lebong 4 sebanyak 59.310 lembar.

Surat suara pemilu daerah itu dikirim KPU pusat dari percetakan Sabtu (9/3) melalui jalur darat dan tiba di Rejang Lebong Senin malam, (11/3) dan selanjutnya disimpan di gudang logistik KPU Rejang di Lapangan Tenis Indoor Sukowati dengan penjagaan petugas dari Polres Rejang Lebong serta Kodim 0409/Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019