Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan menyalurkan bantuan usaha perikanan dan peternakan bagi kepada kelompok pemuda tani di daerah itu.

Kepala Distanak Rejang Lebong, Taman, SP saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan bantuan usaha untuk kelompok pemuda tani tersebut merupakan peluang usaha bagi kalangan anak muda untuk mengembangkannya di desa atau kelurahan masing-masing.

"Ini peluang untuk kelompok pemuda tani yang selama ini tergabung di kelompok Risma atau Karang Taruna di desa atau kelurahannya masing-masing. Bantuan yang akan diberikan ini merupakan stimulan dan tidak setiap tahun diberikan," ujarnya.

Adapun bantuan yang sudah mereka siapkan ini kata dia, antara lain bantuan ternak itik dara yang akan diberikan kepada empat kelompok pemuda tani, di mana masing-masing kelompok akan menerima 200 ekor itik betina dan 50 ekor itik jantan, kemudian obat-obatan, pakan 300 kg dan bantuan bahan untuk pembuatan kandang seperti seng, paku dan kayu.

Sedangkan bantuan lainnya jenis ayam petelur dengan jumlah penerima empat kelompok, masing-masing kelompok akan menerima 250 ekor, obat-obatan, pakan 500 kg serta bantuan pembuatan kandang seperti seng, paku dan kayu.

Serta bantuan ayam buras yang akan diberikan kepada lima kelompok, yang per kelompok menerima ayam 300 ekor betina dan 50 ekor ayam jantan, kemudian pakan 300 kg, seng, paku dan kayu untuk pembuatan kandang.

Sementara itu untuk bantuan bidang perikanan kata Taman, akan diberikan kepada 20 kelompok pemuda tani tersebar dalam beberapa kecamatan baik yang berpotensi dan tidak berpotensi.

"Setiap kelompoknya akan menerima bantuan bidang perikanan berupa bibit ikan sebanyak 20.000 ekor, pakan 450 kg, dengan jenis ikan nila, mas dan ikan lele," jelasnya.

Dia berharap bantuan yang akan diberikan dalam waktu dekat itu, nantinya bisa diterima oleh kelompok yang tepat sehingga bisa berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan di desa atau kelurahan masing-masing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019