Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendapatkan pinjaman satu unit alat berat jenis “excavator” dari pemerintah provinsi setempat untuk membangun infrastruktur pertanian.

“Kami dapat pinjaman alat berat tersebut dari pemerintah provinsi setempat. Alat berat jenis excapator untuk membangun infrastruktur pertanian di daerah ini,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian sebelummya meminjam sebanyak dua unit alat berat jenis excapator kepada pemerintah provinsi setempat, namun yang direalisasikan hanya satu alat berat.

Heri mengatakan, alat berat ini digunakan untuk membantu semua petani di daerah ini dalam mengolah lahan kosong menjadi lahan pertanian dan perkebunannya apalagi lahan kosong tersebut masih gambut.

Ia mengatakan, alat berat tersebut bisa digunakan untuk mengolah lahan yang masih kosong menjadi lahan pertanian agar lahan tersebut bisa bermanfaat untuk petani. Selain itu kelompok tani di daerah ini bisa memakai alat berat ini untuk mengolah sendiri lahan pertaniannya.

“Alat berat ini memang untuk kepentingan petani dalam mengolah lahan kosong menjadi lahan pertanian berkelanjutan. Alat berat ini juga bisa digunakan untuk membangun saluran drainase untuk mempermudah air mengalir ke lahan pertanian milik petani di daerah ini," ujarnya.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin mengatakan alat berat ini berstatus pinjam pakai dari Dinas Pertanian provinsi dan alat berat boleh digunakan hanya untuk kepentingan pembangunan infrastruktur pertanian seperti pembangunan drainase di lahan pertanian.

Ia menyatakan, meskipun alat berat ini berstatus pinjam pakai dari pemerintah provinsi, namun pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian yang mengatur manajemen pengelolaan alat berat untuk kepentingan kelompok tani di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019