Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membudidayakan tanaman bawang merah dan bawang putih di lahan seluas 120 hektare dalam beberapa kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman, SP di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan sasaran pengembangan tanaman bawang merah ini berada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran.

"Beberapa kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong diketahui cocok untuk pembudidayaan tanaman bawang merah termasuk juga bawang putih. Tahun ini akan kita lakukan pembudidayaan dalam tiga kecamatan dengan luasan lahan mencapai 120 hektare," ujar dia.

Pembudidayaan tanaman bawang dan bawang putih ini kata dia, pada 2018 lalu sudah mereka lakukan diatas lahan seluas 25 hektare untuk tanaman jenis bawang merah dan bawang putih dengan hasil yang cukup bagus.

"Untuk bawang merahnya dalam satu hektare bisa menghasilkan 7-8 ton, sedangkan untuk bawang putih perhektarenya menghasilkan 4 ton," jelasnya.

Rencana pembudayaan tanaman bawang merah dan bawang putih tahun ini akan dilakukan pihaknya di atas lahan seluas 120 hektare yang terbagi untuk pengembangan tanaman bawang merah 70 hektare dan bawang putih 50 hektare.

Dia berharap, pengembangan tanaman bawang merah dan bawang putih yang melibatkan petani dari tiga kecamatan itu nantinya bisa berhasil sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Rejang Lebong yang selama ini bergantung dengan pasokan dari Jawa maupun Padang serta daerah lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019