Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan barat Bengkulu mencapai tiga meter, lebih tinggi dari sebelumnya 2,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut setinggi tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano, sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu masih 2,5 meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Selasa.

Ia menjelaskan berdsarkan peringatan dini BMKG gelombang tiga meter itu juga terjadi di perairan Lampung hingga perairan Selatan Sunda. Sedangkan gelombang laut tinggi antara tiga hingga empat meter berpeluang terjadi di Perairan Barat Banten dan Samudera Hindia Barat Daya Banten.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 03-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Kemudian angin di perairan Engganoberpeluang berhembus dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots dan wilayah juga terjadi hujan ringan.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari arah tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 07-22 knots. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh hingga wilayah Sumatera Utara.

Selain itu, menurut dia, juga berpeluang terjadi di wilayah Sumatera Barat, Jambi, sebagian Bengkulu, sebagian Lampung dan Samudera Hindia barat Sumatera Utara hingga barat Bengkulu.  Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur hingga selatan, dengan kecepatan 05-36 km per jam, atau 03-20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar cerah berawan, terutama di wilayah Mukomuko, dan kota Bengkulu, dengan suhu udara 23-32 derajat Celcius, dan kelembaban 57-96 persen. "Namun, di beberapa daerah berpeluang hujan ringan, terutama di Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara 20-30 derajat Celcius serta kelembaban 62-98 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012