Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan sedikitnya 97 personel untuk bertugas di empat pos pengamanan dan pelayanan mudik dan balik lebaran tahun ini.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Yayat Ruhiyat dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu, mengatakan tidak hanya puluhan polisi yang menjaga tiga pos pengaman dan satu pos pelayanan, termasuk sebanyak 10 orang personel TNI setempat.

Kemudian petugas dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat, tim medis dari Dinas Kesehatan dan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat.


Baca juga: Polres Mukomuko dirikan tiga pos pengamanan mudik Lebaran

Selanjutnya, ia menyatakan, institusinya akan melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka mengecek kesiapan sarana maupun personel yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan rangka Operasi Ketupat 2019 pada tanggal 28 Mei 2019 di Markas Kepolisian Resor setempat.

Kabag Operasi Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol Hasdi sebelumnya menyebutkan sebanyak tiga pos pengamanan dan pelayanan mudik dan balik lebaran tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Sedangkan pendiriannya tanggal 28 Mei 2019 karena tanggal 29 Mei pos tersebut mulai difungsikan.

Ia menyatakan, pendirian sebanyak empat pos tersebut di sepanjang Jalan Lintas Sumatera dan dua lokasi pos pengamanan di antaranya di berbatasan kabupaten dan Provinsi Sumatera Barat.

Tiga pos pengamanan di antaranya didirikan di Kecamatan Air Rami, Kecamatan Penarik dan Kecamatan Lubuk Pinang lalu pos pelayanan didirikan di Air Punggur, Kecamatan Kota Mukomuko.

Dinas Kesehatan setempat menyiagakan berbagai perlengkapan medis dan obat-obatan, mobil ambulans di pos pelayanan di Air Punggur Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Terkait pelayanan bengkel berjalan sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait seperti dealer mobil.

Ia menyatakan, empat pos pengamanan dan pos pelayanan memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang mudik dan balik lebaran di darah ini selama 13 hari.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019