Dinas Kelautan dan Perikanan Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan penambahan sebanyak ratusan masyarakat nelayan di daerah ini sebagai calon penerima bantuan asuransi nelayan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Kami mengirimkan data sebanyak 608 orang masyarakat nelayan untuk diusulkan sebagai penerima bantuan asuransi nelayan ke provinsi, lebih banyak dari kuota asuransi nelayan untuk daerah ini sebanyak 500 orang,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Nasyyardi di Mukomuko, Senin.

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan kuota asuransi nelayan sebanyak 500 orang, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya 369 orang nelayan.

Ia mengatakan, pihaknya mengirimkan data nelayan setempat sebanyak mungkin untuk diusulkan sebagai penerima bantuan asuransi kepada provinsi untuk cadangan apabila adanya penambahan kuota asuransi nelayan.

Selain itu, katanya, untuk mengisi kekosongan apabila nantinya ada kuota asuransi nelayan untuk sembilan kabupaten/kota lain di provinsi setempat yang tidak terpenuhi.

Ia berharap, seluruh nelayan setempat yang diusulkan tersebut mendapat bantuan asuransi nelayan tahun 2019 dari dari KKP.

Ia menyatakan, data sebanyak ratusan nelayan yang diusulkan sebagai calon penerima asuransi nelayan tahun ini telah terinput semuanya dalam data dinas ini dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemerintah melakukan penginputan data masyarakat nelayan agar mereka mendapatkan program kusuka, setelah itu mereka ini secara otomatis mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari KKP.

Ia menyatakan, instansi ini sejak bulan Januari 2019 sampai sekarang melakukan penginputan data masyarakat nelayan yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan penyuluh perikanan yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam melakukan penginputan data nelayan sebagai penerima kusuka dan sebagai calon penerima asuransi nelayan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019