Menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah, umat muslim diimbau untuk selalu bertawakal dalam menghadapi setiap ujian kehidupan. 

"Saat ini bumi dan langit bergemuruh mendengarkan takbir memuji Allah," kata Ustad Hendri Firmansyah saat memberikan ceramah Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu.

Ustad yang menyampaikan khotbah usai sholat Ied di Jalan Salak, Kota Bengkulu mengatakan bahwa umat muslim harus tundukkan jiwa dan raga dihadap Allah dan menjauhkan diri dari sifat sombong.

"Sebab kita adalah makhluk lemah dalam genggaman Allah SWT," katanya. 

Saat ini kata dia, tingkat kekayaan umat tidak sebanding dengan tingkat kebahagiaan sehingga rentan mengalami tekanan jiwa. 

Oleh sebab itu umat muslim hendaknya selalu bertawakal sehingga tidak akan pernah merasa khawatir akan kekurangan apapun sebab Allah telah menjanjikan umatnya jika bertawakal.

Orang yang bertawakal akan berusaha dan berpasrah diri kepada Allah dan tidak mungkin Allah meninggalkan orang-orang yang bertawakal. 

"Allah akan mencintai orang-orang yang bertawakal. Jika kita mendapatkan cinta Allah SWT maka semua makhluk di langit dan di bumi juga akan mencintai kita," ujarnya.

Selain itu tawakal melahirkan ketenangan kejiwaan dan sangat dibutuhkan oleh umat muslim karena memberikan ketenangan dalam hidup.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019