Beberapa provinsi menyarankan cabang olahraga (Cabor) atletik yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019 agar dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan karena Provinsi Bengkulu dianggap tidak siap menyediakan venue atletik.

"Ada Koni dari daerah lain menyarankan kalau Bengkulu tidak siap coba pindahkan atletik ke Palembang," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi Bengkulu Mufran Imron, Jum'at.

Namun, kata Mufron, pihaknya optimis Provinsi Bengkulu mampu menyiapkan kekurangan venue ini sebelum Porwil dimulai sehingga semua Cabor tetap dimainkan di Bengkulu.

Mufron mengakui saat ini masih banyak fasilitas atletik yang belum tersedia.

Kata Mufron, pihaknya sudah menyiapkan opsi meminjam perlengkapan atletik ke Palembang jika Pemprov Bengkulu tidak mampu mengadakan perlengkapan atletik yang baru.

Masih banyaknya venue yang belum tersedia membuat Koni Bengkulu bahkan terpaksa menolak permohonan atlet dari provinsi lain yang berniat melakukan uji coba venue Porwil di Bengkulu.

"Aceh sudah mengirimkan surat mau 'try out' mencoba venue Porwil nanti tapi kita belum siap," katanya.

Mufron menjelaskan, seharusnya saat ini atlet Bengkulu dari seluruh Cabor sudah menjalani training center (TC) terpusat. 

Namun pihaknya terpaksa menunda TC terpusat tersebut Agustus mendatang karena masih minimnya fasilitas latihan.

"Nanti kita kumpulin atlet buat TC terpusat dia tanya pak kita latihan dimana? Jadi ini masih jadi kendala," keluhnya.

Selain itu, untuk Cabor renang Koni Provinsi Bengkulu terpaksa mengirimkan atletnya latihan ke Jakarta karena di Bengkulu belum ada fasilitas latihan renang yang memadai.

Cabor panjat tebing juga terkendala sarana dan prasarana untuk latihan. Saat ini baru tersedia satu sarana dan prasana latihan panjat tebing.

"Sampai sekarang renang itu belum terealisasi latihannya dimana. Maka kami mengambil inisiatif kirim latihan ke Jakarta," katanya.

Minimnya sarana dan prasarana latihan ini menjadi kendala bagi persiapan atlet yang akan bertanding dalam Porwil Sumatera di Bengkulu November mendatang.

Saat ini Koni Provinsi Bengkulu sudah menetapkan sebanyak 283 atlet dan official dari 12 Cabor akan diturunkan mewakili Provinsi Bengkulu dalam Porwil mendatang.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019