Partai Golkar Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berhasil merebut kursi terbanyak di DPRD daerah itu pada Pemilu serentak 17 April 2019 lalu.

"Perolehan kursi DPRD Kabupaten Rejang Lebong ini baru akan kami tetapkan dalam rapat pleno terbuka hari Rabu, 3 Juli. Namun dari hitungan kita dan semua pihak diketahui Partai Golkar Rejang Lebong berhasil merebut kursi terbanyak," kata anggota KPU Rejang Lebong Fahamsyah di Curup, ibu kota Rejang Lebong, Selasa.

Baca juga: Polres Rejang Lebong: Pengamanan penetapan caleg terpilih libatkan 100 personel

Partai Golkar Rejang Lebong berhasil merebut lima kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD Rejang Lebong.

Sementara itu, partai lainnya yang berhasil merebut empat kursi di antaranya PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan Partai Perindo. Sedangkan partai lainnya berhasil merebut tiga, dua dan satu kursi dewan.

Penetapan caleg terpilih, tambah dia, akan dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka yang akan digelar di salah satu hotel di Curup, dalam rapat ini akan diundang para ketua partai, dan penghubung partai atau LO saja, bukan para caleg terpilih.

Baca juga: Disdukcapil Rejang Lebong kewalahan layani legalisir administrasi kependudukan

"Caleg terpilih tidak diundang, cuma para ketua partai, kemudian LO. Seterusnya pihak terkait seperti Bawaslu, Pemkab Rejang Lebong, Kodim dan Polres, serta beberapa dinas/instansi lainnya," kata Fahamsyah.

Ia menjelaskan, proses penetapan caleg terpilih ini akan dilakukan dengan cara menyampaikan hasil perhitungan dari KPU Rejang Lebong yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, kemudian hasilnya diserahkan ke DPRD Rejang Lebong untuk diproses lebih lanjut.

Berdasarkan data formulir DB1 DPRD kabupaten/kota yang ditetapkan KPU Rejang Lebong 30 April 2019 lalu, diketahui dari 30 kursi DPRD Rejang Lebong periode 2019-2024 akan diisi 20 wajah baru, sedangkan calon petahana yang terpilih kembali hanya 10 orang.

Baca juga: Bupati Rejang Lebong minta pendamping desa berinovasi
Baca juga: 38 Anggota polisi di Rejang Lebong naik pangkat

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019