Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan hingga kini masih ada satu dari 148 desa di daerah ini yang belum mengajukan penyaluran dana desa tahap dua sebesar 40 persen.

“Desa Talang Buai yang belum mengajukan penyaluran dana desa tahap kedua. Desa ini rencananya mengajukan penyaluran dana desa minggu depan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Jumat (12/7).

Baca juga: Gubernur Bengkulu beri solusi tingkatkan harga sawit

Sebanyak tiga desa di daerah ini, yakni Desa Lubuk Mukti, Desa Talang Buai dan Desa Air Kasai sebelumnya belum mengajukan penyaluran dana desa tahap dua sebesar 40 persen.

Dari sebanyak tiga desa tersebut, dua desa di antaranya telah mengajukan penyaluran dana desa tahap dua, namun dua desa ini harus memperbaiki berkas penyaluran dana desa.

Akan tetapi tiga desa ini terlambat dalam mengajukan penyaluran dana desa tahap kedua karena penyaluran dana desa tahap kedua pada minggu keempat bulan Juni 2019, atau sesuai peraturan yang berlaku.

Baca juga: Mukomuko bagikan 20 kursi roda untuk para penyandang disabilitas

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 193 tahun 2018 tentang pengelolaan dana desa, penyaluran dana desa tahap satu maupun dua paling lambat dilakukan bulan Juni 2019, tahap satu pada minggu ketiga, dan tahap dua pada minggu keempat.

Ia menyatakan, berdasarkan aturan tersebut, desa yang belum mengajukan penyaluran dana desa tahap kedua sebesar 40 persen hingga minggu keempat bulan Juni tahun ini tidak taat azas.

Dinas ini sebelumnya turun ke Desa Lubuk Mukti dan Desa Talang Buai untuk memastikan penyebab dua desa ini belum mengajukan penyaluran dana desa dan kendala tersebut telah teratasi dan dua desa ini siap mengajukan penyaluran dana desa.

Ia menyatakan, tidak ada prosedur dan mekanisme yang akan diterapkan terhadap desa yang telat dalam mengajukan penyaluran dana desa tahap pertama hingga kedua tahun ini.

Sebanyak 148 desa di daerah ini pada tahun 2019 mendapatkan DD sekitar Rp124 miliar, meningkat dari sebelunya sekitar Rp106 miliar.

Baca juga: Mukomuko validasi 285 nelayan calon penerima asuransi
Baca juga: Lima perahu nelayan Mukomuko karam diterjang ombak
Baca juga: Seorang calon haji Mukomuko meninggal dunia
Baca juga: Mukomuko ganti keluarga tidak layak terima bansos

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019