Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Museum Negeri Bengkulu mengadakan pameran senjata tradisional di Museum Bengkulu dalam rangka menyambut Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia dan Wonderfull Bengkulu 2020.

"Kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap warisan budaya bangsa khususnya senjata tradisioal Bengkulu,” kata Kepala Museum Bengkulu, Nirwan di Bengkulu, Rabu. 

Ia mengatakan ada 50 senjata tradisional yang ditampilkan dalam kegiatan pameran ini. Senjata yang dipamerkan tersebut berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Dari 50 senjata tradisional yang dipamerkan itu belum termasuk seluruh koleksi senjata tradisional yang ada di Museum Bengkulu. 

"Untuk keseluruhan senjata ada tiga ratusan namun koleksi total seluruhnya di luar senjata yang ada di museum,” ujarnya.

Dari puluhan senjata yang dipamerkan terdapat lima jenis senjata tradisional Provinsi Bengkulu seperti Keris, Rambai Ayam, Sewar, Dodong dan Rudu. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Bengkulu yang membuka pameran, Gotri Suyanto meminta kepala museum mencantumkan tahun senjata tradisioal Bengkulu supaya masyarakat mengetahui usia dari senjata tersebut. 

Selain itu dirinya juga meminta kepala museum untuk mengajak para wisatawan untuk mengunjungi Museum tersebut agar museum di Bengkulu bisa hidup menjadi tempat destinasi. 

"Tidak hanya tempat menyimpan warisan-warisan sejarah saja, kemudian mengajak anak-anak sekolah melakukan kegiatan-kegiatan positif di museum tersebut untuk menambah ilmu pengetahuan," kata Gotri.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019