Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 48 orang calon peserta magang kerja ke Jepang mulai mengikuti pelatihan tahap pertama yakni belajar bahasa dan budaya Jepang di Balai Latihan Kerja Bengkulu.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Halomoan Silalahi mengatakan latihan tahap pertama akan berlangsung dua bulan di Bengkulu.

"Sebelum masuk pelatihan, mereka mengikuti pemantapan selama 10 hari sebelum mengikuti pelatihan tahap pertama selama dua bulan," katanya di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan setelah pelatihan tahap pertama, 48 calon peserta magang tersebut akan dievaluasi dan yang dinyatakan lolos akan mengikuti pelatihan tahap kedua di Bekasi.

Sebelumnya kata dia, calon peserta magang yang lolos tahap pertama itu juga menjalani pemantapan selama 10 hari.

"Sama dengan pelatihan di Bengkulu, pelatihan tahap dua di Bekasi juga mempelajari bahasa dan budaya Jepang," tambahnya.

Silalahi mengatakan pengetahuan bahasa untuk mempermudah komunikasi sangat dibutuhkan para peserta magang tersebut.

Selain bahasa kata dia, mereka juga wajib mengetahui budaya Jepang dimana mereka akan tinggal dan bekerja selama tiga tahun.

"Bagi yang lulus tahap kedua maka langsung diurus untuk keberangkatan ke Jepang," tambahnya.

Ia mengatakan selama pelatihan tahap pertama dan kedua, calon peserta magang sudah memilih jurusan yang akan digeluti saat bekerja magang di negara itu.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya kata dia, peserta magang dari Bengkulu kata dia sebagian mengambil jurusan  elektronik, las, pertanian dan pembuatan roti serta berbagai jurusan lainnya.

Jumlah pendaftar pada 2012 kata dia mencapai 137 orang, namun tersaring 48 orang yang mengikuti pelatihan.

Sedangkan jumlah peserta magang yang diberangkatkan ke Jepang pada 2011 sebanyak 34 orang. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012