Universitas Bengkulu tahun 2019 ini tidak masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik tingkat nasional menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

"Atas nama pimpinan universitas, saya Rektor Unib mohon maaf yang setinggi-tingginya atas keluarnya Unib dari ranking 100 besar nasional. Hal ini sangat disayangkan," kata Rektor Universitas Bengkulu, Ridwan Nurazi di Bengkulu, Senin. 

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti, tidak ada satu pun perguruan tinggi di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam 100 universitas terbaik nasional.

Ia mengatakan bahwa keluarnya Unib dari ranking 100 besar Universitas di Indonesia disebabkan oleh kelalaian. 

"Penyebab penurunan yang sangat jauh ini disebabkan oleh kelalaian," terangnya. 

Kelalaian tersebut seperti Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Unib yang belum akurat, Data Inovasi Unib masih banyak yang belum tercatat padahal banyak inovasi Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi(LPTIK). 

Kemudian inovasi dosen baik dosen Fakultas Teknik MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) serta Pertanian yang belum dilaporkan serta masih ada dosen Unib yang hampir 50 persen belum terdaftar atau mendaftar di google scholar dan SINTA.

Selain itu, masih banyak karya dosen Unib baik publikasi di jurnal terindex, maupun sitasi yang seluruhnya belum tercatat. Penelitian yang dibiayai Unib belum seluruhnya dilaporkan. 

Kemudian masih banyak mahasiswa asing dan dosen asing yang belum tercatat. 

Ridwan menjelaskan bahwa hal-hal tersebut telah dirapatkan dan diperhatikan saat pihak kampus meminta data tersebut, termasuk awareness (kesadaran) dari berbagai pihak tentang poin baru dalam penilaian pemeringkatan.

“Untuk itu saya mohon maaf kepada seluruh sivitas academica Unib karena merasa gagal memantau perkembangan setelah rapat dilakukan,”tutur Ridwan.

Untuk diketahui Universitas Bengkulu (Unib) yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Provinsi Bengkulu.  Sebelumnya UNIB pada 2017 menduduki peringkat ke 45 universitas terbaik se Indonesia. 

Kemudian pada 2018 UNIB ada di peringkat ke 48, namun pada tahun 2019 UNIB tidak masuk kedalam 100 universitas terbaik Nasional.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019