Pihak Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Curup yang membawahi empat kabupaten di Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah tunggakan iuran peserta mandiri di wilayah itu saat ini mencapai Rp34,2 miliar.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Curup Syafrudin Imam Negara di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan tunggakan iuran peserta BPJS ini berasal dari peserta mandiri tersebar dalam empat kabupaten.

"Jumlah tunggakan peserta mandiri dalam wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan Curup tersebar di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara sampai dengan Agustus lalu mencapai Rp34,2 miliar," ujar dia.

Peserta BPJS Kesehatan yang menunggak iuran ini kata dia, adalah peserta mandiri baik untuk kelas I, II dan III dengan jumlah keseluruhan sebanyak 67.024 orang.

Adapun rincian peserta yang menunggak iuran ini antara lain di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 33.815 orang terdiri dari peserta kelas I sebanyak 1.869 orang, kelas II 4.861 orang dan kelas III sebanyak 27.085 orang dengan total tunggakan Rp16,4 miliar.

Kemudian di wilayah Kabupaten Kepahiang sebanyak 15.623, terdiri dari kelas I sebanyak 1.020 orang, kelas II sebanyak 2.106 orang dan kelas III sebanyak 12.497 orang, dengan total tunggakan sebesar Rp8,2 miliar.

Selanjutnya di Kabupaten Lebong sebanyak 7.200 orang, terdiri dari kelas I sebanyak 543 orang, kelas II sebanyak 960 orang dan kelas III sebanyak 5.697 orang, dengan total tunggakan Rp3,5 miliar.

Sedangkan untuk Kabupaten Rejang Lebong jumlah tunggakannya sebesar Rp5,9 miliar terdiri dari peserta kelas I sebanyak 1.181 orang, kelas 2.780 orang dan kelas III sebanyak 6.425 orang.

Untuk mengurangi jumlah tunggakan peserta BPJS Kesehatan ini, pihaknya melakukan penagihan melalui nomor telepon peserta yang terdaftar serta melakukan pendekatan melalui kepala desa dan pihak kecamatan guna meminta warga membayar iuran BPJS tepat waktu.

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini kata dia, bisa dilakukan melalui perbankan, tempat pembayaran loket pembayaran di Alfamart, Indomaret, kantor pos, agen pos, loket pembayaran umum hingga dokter keluarga yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019