Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pemasangan sebanyak 50 lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Jalan Lintas Sumatera yang banyak tikungan tajam dan pepohonan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di daerah ini.

“Kami telah menyampaikan usulan pemasangan sebanyak 50 lampu PJU-TS di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) mulai dari Kecamatan Kota Mukomuko menuju Lubuk Pinang kepada pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Perhubungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Aman Setiawan dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu setelah berkoordinasi dengan pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (PTD) Wilayah VI Bengkulu dan Lampung terkait dengan pemasangan PJU-TS di daerah ini.

Ia mengatakan, pihaknya mengusulkan pemasangan lampu PJU-TS sepanjang Jalinsum di daerah ini kepada pemerintah pusat karena lokasi yang diusulkan untuk dipasang lampu tersebut berada sepanjang jalan nasional yang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Mukomuko tidak memiliki anggaran untuk mengadakan pemasangan PJU-TS sepanjang Jalinsum yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat.

Untuk itu, ia berharap, pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan yang mengadakan kegiatan pemasangan lampu PJU-TS sepanjang Jalinsum yang rawan kecelakaan lalu lintas di daerah ini.

Ia menyatakan, daerah ini membutuhkan sebanyak puluhan lampu PJU-TS di Jalinsum daerah ini karena tingginya angka kecelakaan lalu lintas terutama pada malam hari di jalan tersebut.

Jalinsum yang berada di daerah sejauh 275 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu ini banyak tikungan tajam dan pepohonan sehingga membahayakan pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Selain mengusulkan pemasangan lampu PJU-TS, ia berharap, tahun 2020 adanya pemasangan rambu-rambu peringatan dan cermin untuk dipasang di sejumlah tikungan jalan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019