Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 56 desa di daerah itu akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang.

"Sesuai dengan petunjuk bapak bupati, pelaksanaan Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada Februari 2020. Untuk sosialisasinya akan kami laksanakan pada November 2019 ini," kata Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Untuk persiapan pelaksanaan pilkades serentak ini, tambah dia, sejumlah desa telah membentuk panitia pilkades termasuk juga pihak BPD masing-masing desa telah membentuk panitia pengawas pelaksanaan pilkades.

"Kalau untuk anggarannya akan dimasukan dalam penyusunan APBD Rejang Lebong tahun 2020, tetapi besarannya kami belum tahu karena anggarannya ada di Pemkab Rejang Lebong," urainya.

Ia menjelaskan, dari 56 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak ini diketahui sebanyak 54 jabatan kepala desanya berakhir terhitung sejak 27 Agustus 2019, dan pada 2020 nanti cuma ada dua jabatan kepala desa.

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa ini selanjutnya akan ditunjuk penjabat kepala desa yang ditunjuk oleh camat dan diprioritaskan PNS yang berdomisili di kecamatan masing-masing, atau bisa juga dijabat oleh pejabat sementara (Pjs) kepala desa dari masyarakat masing-masing desa.

"Saat ini SK penunjukan Pjs Kades yang ditandatangani Bupati Rejang Lebong sudah ada 10 desa yang berasal dari Kecamatan Curup Timur dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu, sedangkan yang lainnya akan menyusul," kata Bobby.

Adapun 56 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2020 nantinya antara lain di Kecamatan Curup Utara empat desa, Curup Timur (3). Curup Selatan (4), Curp Tengah (1), Kecamatan Sindang Kelingi (4), Sindang Dataran (1), Kota Padang (5), Kecamatan Sindang Beliti Ilir (5), Kecamatan Bermani Ulu (8), Bermani Ulu Raya (4), Binduriang (3), Sindang Beliti Ulu (5) dan Kecamatan Selupu Rejang (5).

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019