Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan memberikan bantuan sebanyak 12 piber dan 20 unit mesin pompa udara atau Hiblow kepada tiga unit pembenihan rakyat (UPR) dan kelompok pembudidaya ikan untuk pengembangan budidaya ikan air tawar di daerah ini.

“Sebanyak 12 piber yang berfungsi untuk pemijahan, penampungan dan pendederan benih  diberikan kepada tiga UPR,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, sebanyak 20 unit mesin pompa air atau Hiblow  sebanyak lima di antaranya untuk lima pokdakan di daerah ini, lima unit mesin Hiblow untuk UPTD pengairan.

Kemudian sebanyak 10 unit mesin pompa air atau Hiblow untuk UPR bersama yang merupakan gabungan UPR di sejumlah wilayah di satuan pemukiman VI Kecamatan Air Manjuto.

“UPR bersama yang berada di SP VI ini merupakan gabungan UPR dan unit ini memiliki sebanyak 10 anggota sehingga masing-masing anggota membutuhkan bantuan ini,” ujarnya.

Sedangkan dua UPR Sumber Rezeki dan UPR Maju Bersama di Kecamatan Penarik masing-masing mendapatkan satu piber untuk pemijahan, penampungan dan pendederan benih ikan.

Ia mengatakan, sebanyak lima unit mesin Hiblow untuk UPTD Pengairan di Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Malin Deman untuk BBI dalam melakukan kegiatan pengembangan budidaya ikan air tawar di daerah ini.

Begitu juga bantuan mesin Hiblow untuk lima pokdakan yang melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar dengan menggunakan teknologi bioflok, guna meningkatkan produksi ikan di daerah ini.

“Bantuan dari pemerintah ini bertujuan untuk mendorong pokdakan yang ada di daerah ini untuk lebih giat dalam melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar dan mendorong mereka dalam meningkatkan produksi ikan air tawar di daerah ini,” ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019