Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan insektisida untuk membantu petani setempat dalam mengendalikan hama wereng dan ulat penggerek batang.

“Kami memberikan bantuan insektisida sebanyak 12 liter untuk pengendalian hama wereng dan ulat penggerek batang yang merusak tanam padi milik petani di daerah ini,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian menerima proposal permohonan bantuan insektisida untuk pengendalian hama wereng dan ulat yang merusak tanaman padi dari kelompok tani Ngudi Lestari Desa Rawa Mulya.

Ia menyatakan, instansinya memberikan bantuan sebanyak 12 liter insektisida untuk pengendalian hama langsung kepada perwakilan kelompok tani Ngudi Lestari Desa Rawa Mulya.

Instansi ini memberikan bantuan insektisida kepada kelompok tani ini untuk mencegah jangan sampai hama wereng dan ulat merusak tanaman padi milik kelompok tani ini dan tanaman padi milik kelompok lain.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah setempat memberikan bantuan insektisida untuk mengantisipasi jangan sampai produktifitas tanaman padi milik kelompok tani ini mengalami penurunan.

“Kita berharap bantuan ini bisa membantu petani untuk mengendalikan hama wereng dan ulat penggerek batang yang mulai merusak tanaman padi milik kelompok tani ini,” ujarnya pula.

Selanjutnya, ia mengatakan, instansinya meminta kepada kelompok tani ini agar swadaya menggunakan racun bantuan pemerintah tersebut untuk menanggulangi hama wereng dan ulat yang merusak tanaman padinya.

Ia menyebutkan, sebanyak 22 orang yang tergabung dalam kelompok tani Ngudi Lestari Desa Rawa Mulya dan anggota kelompok tani ini memiliki lahan seluas sekitar 12 hektare.

Pemerintah setempat selama sebulan terakhir telah memberikan bantuan insektisida kepada sejumlah kelompok tani yang membutuhkan untuk membasmi hama yang merusak tanaman padinya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019