Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Para nelayan di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, meskipun dinihari tadi ada guncangan gempa kecil melanda daerah itu.

Meskipun kekuatan gempa itu hanya 4,5 Skala Richter (SR), namun getarannya cukup terasa, sehingga masyarakat sempat keluar rumah, kata seorang nelayan Kaur Salmin menghubungi, Rabu. Ia mengatakan, getaran gempa kecil itu sempat membuat ragu-ragu untuk melaut, namun mengingat dikejar kebutuhan rumah tangga, maka tetap mencari ikan dan turun kelaut.

"Kami menangkap ikan hanya beberapa mil dari kawasan pantai karena disamping terbtasnya persediaan solar, juga antisipasi bila ada getaran gempa susulan," ujarnya. Kepala Desa Linau, Kabupaten Kaur Sirajudin mengatakan, getaran gempa itu cukup terasa terutama para nelayan disekitar pantai. Namun setelah getaran itu terasa tidak ada lagi gempa susuulan seperti dibayangkan masyarakat setempat, dengan demikian mereka sebagian besar tetap melaut, ujarnya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kepahiang Bengkulu Dadang S menjelaskan, gempa 4,5 SR itu terjadi sekitar pukul 04.46 WIb berada pada lokasi 5.0 Lintang Selatan (LS) dan 102.8 Bujur Timur (BT).
Pusat gempa itu berada sekitar 63 kilometer Barat Daya Bintuhan, Kaur, dengan kedalaman sekitar sepuluh kilometer, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012