Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap melantik 27 orang anggota panitia pengawas pemilu di sembilan kabupaten di daerah itu, Rabu.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan para anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tersebut dilanjutkan dengan masa orientasi dan pembekalan selama tiga hari (22-24/11).

"Pelantikan anggota Panwaslu secara serentak untuk sembilan kabupaten, sedangkan Kota Bengkulu masih menunggu proses pemilihan kepala daerah putaran kedua," kata Parsadaan kepada wartawan di Bengkulu.

Ia mengatakan, tiga orang anggota Panwaslu Kota Bengkulu sudah terpilih melalui seleksi oleh panitia seleksi dan uji kepatutan dan kelayakan dari Bawaslu.

Namun, tugas dan tanggungjawab para Anggota Panwaslu Kota Bengkulu masih dilakukan anggota Panwaslu lama yang sedang mengawasi pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bengkulu pada Desember 2012.

"Karena proses Pilkada Kota Bengkulu masih berlangsung sehingga pelantikan Anggota Panwaslu Kota Bengkulu ditunda," tambahnya.

Ia mengatakan, setelah pelantikan dan pembekalan Anggota  Panwaslu kabupaten dan kota, tugas pertama yang diamanatkan kepada mereka adalah melakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah, forum komunikasi pimpinan daerah dan elemen lainnya.

"Kemudian membentuk sekretariat untuk memulai tugas pengawasan," katanya.

Dalam sambutannya, Parsadaan juga menyampaikan bahwa kualitas kinerja Anggota Panwaslu bukan berdasarkan jumlah kasus penindakan, tapi lebih pada pencegahan pelanggaran Pemilu.

Anggota Panwaslu yang dilantik untuk Kabupaten Bengkulu Tengah atas nama Karneli, Meji Kasanova, dan Edyson, Kabupaten Kepahiang atas nama Rusman Sudarsono, Firmansyah dan Bambang Utoyo.

Kabupaten Mukomuko atas nama Muchtadin Munib, Padlul Azmi dan Ita Hartati, Kabupaten Kaur atas nama Bambang Irawan, Titi Firda dan Septi Muda.

Dari Kabupaten Seluma atas nama Muhammad Zerwan, Mariana Tursiana dan Helwanti, Kabupaten Bengkulu Selatan yakni Vera Diana, Noor Muhammad Tomi dan Alpin Sarsen.

Selanjutnya, Kabupaten Lebong atas nama Junaidi, Harmiman dan Amrul, Kabupaten Rejang Lebong atas nama Iriana, Anwar Hamdi dan Roli Hartono serta Bengkulu Utara atas nama Titin Sumarni, Sayem Nurhalimah dan Bejo. (ANT)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012