Patung Ibu Negara pertama Republik Indonesia, Fatmawati akan dipasang di bundaran Simpang Lima menggantikan patung kuda yang selama beberapa tahun terakhir menghiasi jantung Kota Bengkulu itu.

“Patung Ibu Fatmawati sudah selesai dibuat dan segera akan dipasang di Simpang Lima,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Hengki di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan patung berupa seorang perempuan duduk di kursi dan sedang menjahit dengan model mesin jahit tempo dulu itu akan menjadi ikon baru di Kota Bengkulu.

Pembuatan patung senilai Rp5 miliar itu juga sebagai penghormatan atas jasa-jasa Fatmawati yang juga Ibu Kandung Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Hengki mengatakan pemasangan patung dijadwalkan pada akhir tahun 2019 dan patung tersebut akan menjadi simbol sejarah perjuangan ibu negara pertama yang juga tokoh Bengkulu, yang menjahit bendera Sang Saka Merah Putih.

Sebelumnya, patung tersebut direncanakan dibangun di pintu Bandara Fatmawati Soekarno namun seiring jalan atas kesepakatan keluarga Fatmawati Soekarno, monumen akan didirikan di kawasan Simpang Lima yang merupakan jantung Kota Bengkulu.

Pewarta: Yengki

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019