Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali menerima bantuan sebanyak 18 unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor tangan roda dua dan empat, cultivator dan pompa air dari pemerintah pusat.

“Alsintan ini baru tiba di daerah ini. Bantuan alsintan ini dari pemerintah pusat melalui dana tugas perbantuan (TP) provinsi setempat,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Instansi ini menerima pengiriman sebanyak 18 unit alsintan yang terdiri dari satu unit hand tractor roda empat, sebanyak tujuh unit hand tractor roda dua, delapan pompa air dan dua unit cultivator.

Ia mengatakan, selanjutnya sebanyak belasan unit alsintan bantuan dari pemerintah pusat ini disimpan di gudang pertanian yang berada di belakang Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Ia menyatakan, meskipun instansinya telah menerima pengiriman sebanyak belasan alsintan ini, namun instansinya belum melakukan pengecekan untuk memastikan alat tersebut layak atau tidak.

“Setelah ini akan ada tim penerima barang yang datang ke daerah ini untuk melakukan pemeriksaan kualitas alat mesin pertanian ini sekaligus memastikan barang ini bisa difungsikan,” ujarnya.

Ia menyatakan, bahwa sudah ada calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang diusulkan sebagai penerima bantuan alat mesin pertanian ini yakni kelompok tani yang mengusulkan bantuan alsintan pada tahun 2018.

Sedangkan pembagian bantuan ini, ia mengatakan, pihaknya masih menunggu penerbitan surat keputusan (SK) penetapan sebanyak belasan kelompok tani sebagai CPCL penerima bantuan alsintan dari kepala daerah setempat.

“Harus ada SK penetapan calon petani dan calon lokasi yang akan menerima bantuan alat mesin pertanian sebelum alat ini dibagikan kepada kepada kelompok tani di daerah ini,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, instansinya telah mengusulkan draf SK CPCL yang diusulkan sebagai penerima bantuan alsintan ini kepada pemerintah setempat.



Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019