Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 53 kendaraan hias mengikuti pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-44 Provinsi Bengkulu, Kamis.

Pawai pembangunan yang dimulai dari Gedung Daerah atau Balai Semarak yang merupakan rumah dinas Gubernur Bengkulu dilepas oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Provinsi Bengkulu M Nasyah.

Kendaraan hias yang diikuti peserta dari pemerintah kabupaten dan kota serta dinas/instansi di lingkungan Pemprov Bengkulu itu melakukan pawai melintasi jalan protokol dalam Kota Bengkulu.

Koordinator pelaksana yang juga Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu Ali Musramin mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kerja kolaboratif antardinas dan instansi di daerah itu.

"Tujuannya untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang capaian pembangunan yang sudah kita laksanakan," katanya.

Pawai pembangunan dengan kendaraan hias tersebut cukup mendapat sambutan antusias dari seluruh pendukung kegiatan itu.

Tidak hanya pemerintah daerah, perusahaan swasta juga terlibat dalam pawai tersebut.

"Sebab pembangunan yang didukung seluruh elemen sesuai tema kegiatan ini yakni bersama dalam membangun itu yang kami kedepankan," tambahnya.

Ia mengatakan kendaraan hias tersebut akan dinilai oleh tujuh anggota tim juri untuk menentukan terbaik pertama hingga ketiga.

Puluhan kendaraan hias dengan berbagai kreativitas ditampilkan, seperti kendaraan hias milik Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu yang mengkampanyekan program hijau atau "go green".

Di dalam kendaraan tersebut juga terdapat ilustrasi para polisi kehutanan yang menahan pelaku penebangan atau perambahan liar di dalam hutan lindung.

Sementara mobil hias dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan membawa seekor sapi potong hasil peliharaan kelompok peternak.

Dalam kesempatan tersebut, petugas dari dinas itu juga membagikan susu sapi segar kepada para penonton dengan kampanye "minum susu segelas setiap hari".

Sementara dari Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu memamerkan komoditas unggulan perkebunan daerah itu seperti karet, sawit, kopi dan kakao.

Sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan membawa replika kapal inkamina yang dikelola nelayan setempat dimana program tersebut sudah diterapkan sejak 2011.

Pada kesempatan itu lembaga lainnya yang mengikuti pawai antara lain Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pekerjaan Umum, Perbankan, dan perusahaan media. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012