Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada tahun 2020 berencana membangun gedung olahraga (GOR) untuk tempat latihan maupun perlombaan berbagai cabang olahraga dalam ruangan tertutup (indoor) di lahan yang berada dekat rumah dinas wakil bupati setempat.

"Anggaran untuk membangun GOR multicabang di daerah ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang olahraga tahun 2020," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah dalam keterangannya, di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah setempat tahun 2020 mendapatkan dana alokasi khusus sebesar Rp12,8 miliar dari pemerintah pusat untuk membangun GOR di lahan kosong dekat dengan rumah dinas wakil bupati setempat.

Ia mengatakan, anggaran untuk pembangunan GOR di daerah ini lebih kecil dari proposal usulan anggaran untuk pembangunannya dari instansi ini yakni sebesar Rp15 miliar.

Ia menyatakan, anggaran untuk membangun GOR tersebut masih global, belum ada rencana kerja dana alokasi khusus yang bisa digunakan untuk membangun sebagian bangunan GOR tersebut.


"Kami masih menunggu pembahasan lebih lanjut terkait dengan rencana kerja menggunakan dana alokasi khusus untuk pembangunan GOR dari pemerintah pusat," ujarnya pula.

Kendati demikian, ia menyatakan, pihaknya sudah merancang peruntukan dana alokasi khusus tersebut untuk membangun GOR untuk enam cabang olahraga unggulan di daerah ini.

Dia menyebutkan, sebanyak enam cabang olahraga unggulan dan sudah ada atletnya di daerah ini, yakni bola volli, tenis lapangan, sepak takraw, futsal, atletik, dan tenis meja.

Sedangkan pembangunan stadion sepak bola, katanya, belum bisa dilaksanakan pada tahun 2020 karena tidak tidak mencukupi dana alokasi khusus bidang olahraga untuk membangunnya.

Ia menyatakan, instansinya akan mengusulkan lagi penambahan kekurangan fasilitas olahraga di dalam lahan yang akan dibangun GOR di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019