Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat meluncurkan aplikasi "layanan online kemasyarakatan" atau lokan untuk memberikan pelayanan tanggap darurat secara cepat kepada masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini.

“Aplikasi lokan ini untuk memberikan kemudahan bagi orang sakit untuk menghubungi nomor ambulans. Masyarakat juga bisa dengan mudah untuk meminta bantuan penanggulangan bencana kebakaran dari pihak pemadam kebakaran, termasuk melaporkan kejadian bencana alam yang ada di wilayahnya,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Ruslan dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah setempat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi layanan online kemasyarakat dengan situs lokan.mukomukokab.go.id ini sejak beberapa hari yang lalu.

Ia menjelaskan, aplikasi lokan ini untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat setempat untuk mendapatkan bantuan kesehatan, pelayanan pemadaman bahaya kebakaran, badan penanggulangan bencana daerah dan pengaduan kekerasan pada perempuan dan anak.

“Kami minta nomor pihak terkait yang memberikan pelayanan kesehatan, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana daerah dan pengaduan kekerasan pada perempuan dan anak yang “stand by” atau yang mudah dihubungi oleh pihak yang membutuhkannya,” jelas dia.

Ia memastikan, nomor kontak petugas di setiap instansi terkait yang memberikan pelayanan dalam aplikasi layanan online kemasyarakatan di daerah ini aktif selama 24 jam.

Dinas Komunikasi dan Informatika setempat sebelumnya telah meluncurkan program e-lapor terkait berbagai kegiatan pembangunan yang ada di daerah ini. Masyarakat bisa melaporkan pembangunan di wilayahnya.

Ia menjerangkan, dalam aplikasi lokan ini, instansinya juga menyediakan pelayanan “Kupakai Whatsapp untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan” atau disingkat Kuwau Padek untuk membantu masyarakat setempat yang berada jauh dari ibukota kabupaten dalam pembuatan administrasi kependudukan menggunakan aplikasi WA.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019