Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyelesaikan pengerjaan rehabilitasi sebagian bangunan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Ipuh yang mengalami kerusakan akibat sudah tua.

“Rehab BPP di Kecamatan Ipuh telah selesai dan kegiatan rehab BPP tersebut sudah serah terima akhir pekerjaan dari penyedia dan penerima barang dan jasa pemerintah,” kata Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp190 juta dalam APBD untuk merehabilitasi sebagian besar bangunan BPP di Kecamatan Ipuh yang mengalami kerusakan akibat berusia tua.

Elxandi yang juga pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek rehabilitasi BPP di daerah ini mengatakan alokasi dana sebesar itu tidak hanya untuk merehab sebagian besar bangunan BPP tersebut, tetapi juga untuk merehab bangunan rumah dinas milik petugas BPP.

Ia menyebutkan, alokasi dana sebesar itu untuk mengganti seluruh plafon yang mengalami kerusakan kemudian pergantian sejumlah kusen dan pintu kantor BPP dan rumah dinas petugas yang rusak.

Menurutnya, sebagian besar bangunan BPP di Kecamatan Ipuh yang mengalami kerusakan ini mengganggu aktivitas pekerjaan petugas di BPP ini terutama pada saat musim hujan karena air masuk dalam ruangan kerja.

“Atap dan plafon BPP yang mengalami kerusakan tersebut membuat air hujan masuk ke dalam ruangan kerja, sehingga mengganggu aktivitas penyuluh pertanian lapangan dalam menjalankan pekerjaannya,” ujarnya.

Selanjutnya, ia meminta, kepada petugas penyuluh pertanian lapangan di BPP wilayah tersebut untuk dapat menjaga dan merawat seluruh bangunan dan rumah dinas di BPP tersebut.

Selain itu, ia berharap, bangunan BPP ini dapat meningkatkan kinerja petugas pertanian di BPP dalam memberikan informasi tentang berbagai teknologi pertanian kepada masyarakat petani di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019