Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pelabuhan Indonesia pada 2012 menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membangunan berbagai fasilitas umum di Bengkulu mencapai miliaran rupiah.

"Fasilitas sudah dibangun dengan dana bantuan lingkungan itu antara lain gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bengkulu Tengah dan fasilitas penerangan di Pulau Enggano," kata Direktur Pengelola CSR Pelindo Pratioso Sayugi ketika dihubungi dari Bengkulu, Jumat.

Ia menjelaskan Pelindo pada 2012 sudah menyiapkan dana CSR sebesar Rp65 miliar untuk membangunan berbagai fasilitas di empat provinsi pulau terluar termasuk Pulau Enggano Bengkulu. Selain itu, membangunan berbagai fasilitas di Pulau Semedang, Pulau Belitung Timur, dan Pulau Sebatik yang saat ini sedang disuvei tim dengan harapan terwujud pada akhir Desember 2012.

Khusus untuk Bengkulu, katanya, selain membangun fasilitas umum di daerah tertinggal, pihaknya juga ikut mendanai program survei pelebaran jalan nasional Bengkulu-Lubuklinggau. "Kami ingin Bengkulu menjadi maju setelah dibangun jalan berstandar nasional menuju perbatasan antara provinsi tetangga," katanya.

General Manager Pelindo II Bengkulu Nurhikmat menjelaskan pembangunan gedung SMP Nnegeri I Pematang Tiga di Kabupaten Bengkulu Tengah menghabiskan dana sekitar Rp400 juta. Dana sebesar itu, katanya, selain digunakan merehabilitasi fisik bangunan, juga untuk perangkat meja dan kursi, serta sarana pendidikan lainnya, sehingga sekolah itu betul-betul berjalan dengan baik.

Ia mengatakan, sebelumnya Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah minta bantuan untuk membangun gedung SMPN I Pematang Tiga itu setelah terbakar beberapa waktu lalu. Permintaan Gubernur Bengkulu itu mendapatkan respons dan kemudian dilakukan pembangunan hingga selesai, sedangkan penyerahan hasil pembangunan itu kepada Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli, Kamis (20/12). "Kami mengharapkan gedung sekolah itu bisa terawat dengan baik, sehingga bisa menelurkan generasi penerus yang andal di masa datang," katanya.

Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli mengucapkan terima kasih kepada Pelindo atas bantuan tersebut dengan harapan gedung sekolah serta perangkat pendidikan tersebut dijaga dengan baik. (Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012