Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Benkulu, Senin, mulai membagikan berbagai jenis alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini.

“Selama tahun ini daerah kita mendapatkan bantuan alsintan sebanyak 129 unit yang terdiri dari traktor tangan roda dua, traktor roda empat, kultivator, pompa air dan handsprayer dari pemerintah yang bersumber dari dana tugas perbantuan. Dan hari ini mulai kita membagikannya kepada kelompok tani,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono dalam keterangannya di Mukomuko.

Ia mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan pada acara pembagian secara simbolis alat mesin pertanian dan sarana perikanan di depan Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko.

Hadir dalam acara pembagian bantuan alsintan dan sarana perikanan tersebut Bupati Mukomuko Choirul Huda, Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini, Sekda Mukomuko Marjohan dan forum koordinasi pimpinan daerah.

Ia menyatakan, jumlah alsintan bantuan pemerintah yang diterima oleh daerah ini pada 2019 termasuk banyak dan semua ini berkat kerja sama semua pihak terutama dukungan dari kepala daerah setempat.

Ia mengatakan, instansinya sebelum membagikan bantuan alsintan kepada kelompok tani di daerah ini telah melakukan survey dan hasil biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani lebih kecil sebelum mendapatkan alsintan.

“Memang tujuan pemerintah memberikan bantuan alsintan ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani yang sebelumnya harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengolah lahan menanam dan panen, sekarang lebih ringan,” ujarnya.

Bupati Mukomuko Choirul Huda meminta kelompok tani di daerah ini untuk menggunakan alsintan ini dengan maksimal. Kesejahteraan petani harus meningkat setelah dan sebelum menerima bantuan ini.

“Masa saat belum dan setelah diberikan bantuan alsintan ini, ekonomi petani masih sama, tidak ada peningkatan,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta, kalangan petani yang mendapatkan bantuan alsintan ini untuk merawatnya dan tidak menjualnya. ***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019