Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, prakiraan gelombang laut dibagian barat Bengkulu mencapai ketinggian dua meter.

Prakiraan gelombang laut dua meter itu juga terjadi di perairan Bengkulu dan perairan Enggano, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Sabtu.

Ia menjelaskan, angin di Barat Bengkulu bertiup dari arah Barat hingga Barat laut dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan lebat.

Selanjutnya angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 03-17 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Sedangkan angin di perairan Enggano berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan lebat.

Pada peringatan dini BMKG akan terjadi gelombang laut tinggi tiga meter, terutama terjadi di Samudera Hindia Barat Laut Aceh dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara hingga Selat Malaka.

Selanjutnya juga terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat, wilayah Kep. Mentawai, wilayah Bengkulu, wilayah Sumatera Selatan hingga wilayah Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 30 km/ jam atau 03 - 17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga sedang, terutama di Mukomuko, Rejang Lebong dan kabupaten Kaur suhu udaranya berkisar 23-30 derajat celcius dan kelembaban antara 68-99 persen, ujarnya. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012