Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 243.914 jiwa warga Kota Bengkulu menggunakan hak pilih untuk menentukan wali kota dan wakil wali kota periode 2012-2017, Sabtu.

"Seluruh mata pilih sebanyak 243.914 orang yang akan melakukan penyaluran hak pilih di 616 tempat pemungutan suara," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Salahudin Yahya saat meninjau TPS 06 Lembaga Pemasyarakatan Malabero, Kota Bengkulu.

Ia mengatakan sejak dimulai pukul 07.00 WIB, hingga saat ini belum ada kendala berarti dalam proses pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu.

Dari dua laporan yang diterimanya melalui telepon seluler hanya ada dua masalah yang sudah dapat diatasi di lapangan.

Seperti di TPS 10 Suka Merindu ada logistik yang tercecer yaitu tinta, dan di TPS Bumi Ayu dimana pengawas mempermasalahkan pencoblosan yang dilakukan panitia pemungutan suara.

"Kedua masalah ini sudah dapat diatasi dan hingga saat ini pelaksanaan lancar," tambahnya.

Ia mengatakan pencoblosan akan ditutup pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh panitia pemugutan suara.

Pilkada putaran kedua Kota Bengkulu diikuti dua pasangan calon yakni Helmi Hasan-Patriana Sosialinda yang didukung sejumlah partai antara lain PAN, Golkar, dan Demokrat.

Satu pasangan lainnya yakni pejabat kini, Ahmad Kanedy yang berpasangan dengan Dhani Hamdani yang didukung Partai PKS.

Pada pemilihan kepala daerah putaran pertama, kedua pasangan tersebut berhasil meraih suara terbanyak dan menyingkirkan sembilan pasangan calon lainnya. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012