Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Bandara Fatmawati Soekarno Warjono menyebutkan bahwa pada malam tahun baru, Bengkulu diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. 

"Tidak hanya Bengkulu yang berstatus waspada tetapi juga untuk wilayah Aceh, Jakarta Raya, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan," kata Warjono di Bengkulu, Senin. 

Ia menambahkan bahwa setiap daerah di Provinsi Bengkulu akan turun hujan seperti di Kota Bengkulu khususnya di Kecamatan Selebar. 

Bengkulu Selatan yaitu di Kecamatan Air Nipis, Bunga Mas, Kedurang, Kedurang Ilir, Pino, Seginim dan Ulu Manna. Bengkulu Tengah yaitu di Kecamatan Bang Haji, Karang Tinggi, Lahan, Merigi Kelindang, Merigi Sakti, Pagar Jati, Pematang Tiga, Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Taba Penanjung dan Talang Empat. 

Untuk di Kabupaten Bengkulu Utara yaitu di Kecamatan Air Besi, Air Napal, Arga Makmur, Hutan, Kerkap, Napal Putih dan  Padang Jaya. Untuk di Kabupaten Kaur yaitu di Kecamatan Kaur Selatan, Kaur Utara, Kelam Tengah, Kinal, Luas, Lungkang Kule, Maje, Muara Sahung, Nasal, Padang Guci Hilir, Padang Guci Hulu, Semidang Gumay dan Tanjung Kemuning. 

Warjono mengatakan untuk di Kabupaten Kepahiang akan turun hujan di Kecamatan Bermani Ilir, Kaba Wetan, Kepahiang, Merigi, Muara Kemumu, Seberang Musi, Tebat Karai dan Ujan Mas. 

Kemudian di Kabupaten Lebong yaitu di Kecamatan Lebong Selatan, Lebong Tengah, Pinang Belapis, Rimbo Pengadang dan Topos. Lalu di Kabupaten Mukomuko yaitu daerah Air Rami, Malin Deman, Penarik, Pondok Suguh, Selagan Raya, Sungai Rumbai, Teramang Jaya dan V Koto. 

Selanjutnya di Kabupaten Rejang Lebong yaitu di daerah Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, Bindu Riang, Curup, Curup Selatan, Curup Tengah, Curup Timur, Curup Utara, Padang Ulak Tanding, Selupu Rejang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Dataran, Sindang Kelingi dan terakhir di Kabupaten Seluma yaitu daerah Air Periukan, Lubuk Sandi, Seluma Utara dan Sukaraja. 

"Untuk masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan lebat disertai angin dan petir," ujar Warjono. 

Ia menjelaskan bahwa saat terjadi hujan deras yaitu masyarakat akan sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, akan terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya.

Sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasiangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup, akan terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan.

Warjono meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019