Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan setinggi rata-rata 2,5 meter, atau lebih rendah dari sebelumnya, tiga meter.

"Meskipun gelombang laut di periaran Bengkulu diperkirakan  tingginya 2,5 meter, namun sangat berpotensi mencapai tiga meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Jumat.

Ia menjelaskan gelombang laut setinggi tiga meter itu berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, perairan Enggano, perairan Lampung hingga perairan selatan Banten.

Angin di wilayah perairan Bengkulu berhembus dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 05-18 knot, dan angin di perairan Enggano berhembus dari barat hingga utara dengan kecepatan 07-18 knot.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu berhembus dari barat hingga barat laut dengan kecepatan 07-20 knot, dan di wilayah itu berpeluang turun hujan ringan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Selat Malaka, dan Samudera Hindia utara hingga barat Aceh, dan Samudera Hindia barat Bengkulu hingga selatan Banten.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 08-32 kilometer per jam atau 05-18 knot.

Ia juga memprakirakan di wilayah Bengkulu sebagian berawan di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara hingga Kabupaten Kepahiang, suhu udaranya 21-30 derajat Celcius, dan kelembaban 68-98 persen.

Namun, ada juga beberapa daerah antara lain Bengkulu Selatan, Kaur, Seluam dan kabupaten Lebong terjadi turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udaranya berkisar antara 21-31 derjat celcius dan kelembaban antara 65-98 persen. (T.Z005/M008)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012