Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan menambah bangunan tempat beristirahat berupa gazebo untuk pengunjung objek wisata Danau Nibung.

"Tahun ini kami akan membangun empat gazebo di dalam kawasan Danau Nibung,” kata Kepala Dinas Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah melalui Kabid Pariwisata Yulia Reni di Mukomuko, Selasa.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat tahun ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk sektor pariwisata sebesar Rp3,9 miliar, sebagian dana tersebut akan dipakai membangun gazebo.

Ia menyebutkan, DAK sektor pariwisata yang dibutuhkan untuk membangun empat gazebo tersebut masing-masing sekitar Rp30 juta. Sedang disusun kerangka acuan kerja (KAK) kemudian membuat harga perkiraan sendiri (HPS) untuk pembangunan empat bangunan gazebo.

Menurut Yulia, setelah selesai membuat KAK dan HPS, selanjutnya mengusulkan lelang paket kegiatan pembangunan fisik sebanyak empat bangunan gazebo tersebut kepada pejabat pengadaan barang dan jasa pemerintah setempat.

Saat ini hanya ada dua gazebo di danau tersebut yang masih bagus, sedangkan kondisi beberapa gazebo sudah mengalami kerusakan tetapi mayoritas bangunan tersebut masih bisa digunakan oleh pengunjung objek wisata ini.

Ia menyatakan pemerintah setempat melalui instansi ini menambah fasilitas berupa gazebo dalam lokasi objek wisata Danau Nibung di daerah ini karena semakin ramainya pengunjung objek wisata andalan daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020