Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan segera menggelar tahapan pemilihan kepala desa serentak di 47 desa di daerah ini.

“Tahapan Pilkades serentak di 47 desa mulai bulan April tahun ini dan pada bulan April pembentukan panitia kabupaten,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak 47 desa yang tersebar di Kabupaten Mukomuko yang akan menggelar pemilihan kepala desa secara serentak pada 2020, bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak 46 desa.

Dari sebanyak 47 desa yang menggelar pilkades serentak, sebanyak 46 desa di antaranya masa jabatan kades di puluhan desa ini akan berakhir tepat pada tahun 2020 dan satu desa belum ada kepala desa definitif.

Ia menyebutkan, tahapan pilkades serentak ini selain pembentukan panitia tingkat kabupaten hingga desa, penetapan daftar pemilih sementara (DPS), dan daftar pemilih tetap (DPT) hingga penerimaan pendaftaran calon kepala desa.

Sedangkan pelaksanaan pencoblosan dan pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak pada bulan Oktober atau November 2020, atau setelah pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.

Ia menyebutkan, pemerintah setempat mengalokasikan anggaran sekitar Rp800 juga dalam APBD 2020 untuk melaksanakan pilkades serentak di 47 desa. Dari anggaran sebesar itu, sebagiannya untuk operasional panitia penyelenggara pilkades di tingkat desa.

Dari anggaran sebesar itu, katanya, pemerintah daerah setempat akan memberikan bantuan dana operasional untuk panitia penyelenggara pilkades di tingkat desa berkisar Rp9 juta hingga 10 juta per desa.

Kemudian sebagian anggaran tersebut untuk operasional panitia penyelenggara pilkades tingkat kabupaten dan kecamatan. Selain itu dana itu juga untuk berbagai kegiatan menjelang dan setelah pilkades serentak.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020