Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengoperasikan gedung pelayanan tanggap darurat yang diberi nama "Public Safety Center (PSC) 119" yang telah selesai dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

“Kami tetap mengoperasikannya meski belum ada timnya. Meskipun belum ada kemasan PSC, tetapi kami secara internal tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini,” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jhoni dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Dinas Kesehatan setempat Tahun 2019 telah selesai membangun gedung pelayanan tanggap darurat yang diberi nama "Public Safety Center (PSC) 119 di samping kantor instansi ini.

Ia mengatakan, instansinya berupaya  melengkapi fasilitas berbagai peralatan IT seperti software, termasuk membeli satu unit mobil ambulans untuk gedung PSC 119 ini.

Dinas Kesehatan setempat tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan sebesar Rp1 miliar untuk melengkapi berbagai fasilitas gedung PSC 119 itu.

Ia menyatakan, meskipun belum ada tim pelayanan tanggap darurat tingkat kabupaten, namun instansi ini punya tim internal yang selama ini rutin memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kemungkinan tim internal kesehatan ini belum bisa sepenuhnya memberikan pelayanan tetapi tim ini bisa memberikan pelayanan khusus kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa keberadaan gedung PSC 119 di daerah ini dapat memonitor keberadaan seluruh mobil ambulans yang tersebar di 17 puskesmas di daerah ini.

“Setelah ini tidak ada lagi penyalahgunaan mobil ambulans oleh oknum petugas kesehatan yang tidak bertanggung jawab karena keberadaan mobil tersebut akan selalu terpantau melalui monitor yang ada di gedung PSC 119,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020