Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau masyarakat untuk memaspadai virus corona yang mulai mewabah di negara lain.

“Kami akan menyampaikan pemberitahuan dan imbauan secara tertulis agar masyarakat di daerah ini waspada virus corana,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Nen Widiyarti di Mukomuko, Selasa.


Pihaknya akan membuat telaah kepada staf bupati, selanjutnya kepala daerah akan menyampaikan imbauan secara tertulis kepada masyarakat untuk mewaspadai virus corona.

Imbauan tertulis itu akan disampaikan ke seluruh camat, puskesmas dan kepala desa dan kepada seluruh masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Pemerintah melalui Dinas Kesehatan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai virus corona dan mengenali gejala orang yang terkena virus corona seperti demam, letih lesu, batuk kering, sesak napas.


Terhadap orang yang sesak napas, ia menyarankan, sebaiknya cepat dilakukan rontgen untuk mengetahui apakah ada perubahan pada paru-paru atau apakah terjadi infeksi, lalu memastikan jumlah dan kualitas sel darah putih.

Ia mengatakan untuk pencegahan, masyarakat diimbau cuci tangan pakai sabun, gunakan masker saat batuk atau pilek, banyak makan sayur atau buah dan jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020