Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu selama 12 jam ke depan mencapai tiga meter.

"Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano dan perairan barat Bengkulu," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti di Bengkulu, Sabtu.

Ia menjelaskan angin di perairan Bengkulu berembus dari barat hingga timur luat dengan kecepatan antara 05-18 knot.

Angin di perairan Enggano berembus juga dari barat hingga timur laut dengan kecepatan berkisar 07-20 knot.

Angin di perairan barat Bengkulu berembus dari barat hingga timur luat dengan kecepatan berkisar 08-20 knot.

Pada kurun waktu yang sama dalam peringatan dini, BMKG memprakirakan akan terjadi gelombang laut tinggi empat meter, terutama di perairan Lampung, Selat Sunda, dan perairan Banten.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, terlihat daerah liputan awan dan hujan di seluruh wilayah Pulau Sumatra, Selat Malaka, Kepulauan Mentawai, Selat Sunda, dan Samudera Hindia barat Aceh hingga selatan Jawa Barat.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat daya hingga timur laut dengan kecepatan 08-32 kilometer per jam atau 05-18 knot.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya tetap berpeluang hujan ringan hingga sedang, terutama di Mukomuko dan Bengkulu Utara, dengan suhu antara 22-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 72-98 persen.

Di wilayah Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur terjadi hujan sedang, dengan suhu udara antara 22-30 derajat Celcius dan kelembaban antara 78-100 persen, ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013